Pesan Produk Sekarang

Mendeteksi Kerusakan Awal Sebuah PC

Di era IT seperti sekarang ini komputer bukan lagi sebagai barang mewah, melainkan sekarang ini komputer adalah barang yang wajib dimiliki oleh semua orang. Dengan computer orang dapat menyelesaikan pekerjaannya menjadi lebih mudah, nonton filml, juga buat nge’game.
Tapi pernakah anda mengalami masalah dengan Pc anda ketika anda sedang menyelesaikan pekerjaan anda?, entah itu tiba-tiba Pc anda mati sendiri , atau computer anda restart-restart sendiri atau bahkan nge’hang dengan sendirinya.
Bagi anda yang tidak begitu tahu tentang hardware Komputer pasti akan langsung membawa PC anda ke Servis Computer. Padahal bisa jadi Pc anda terjadi error karena hanya permasalahan kecil, semisal pemasangan Ram yang kuran tepat. sepele bukan.
Jika anda membawa ke penyedia jasa servis hanya untuk sekedar mengecek dan mengetahui kerusakan PC anda setidaknya anda harus merogoh kocek anda antara 10-20rb. Padahal dengan uang segitu, kan lumayan untuk beli rokok I bungkus atau bensin 2liter. Harga yg lumayan tinggi bukan….?

Jadi kenapa kita tidak mencoba mencari penyebab kerusakan PC kita sendiri jika kita tau bahwa kerusakan Pc hanya itu-itu aja.
Berikut kita berikan sedikit tips untuk mengetahui kerusakan pada Pc kita :

1. Jika Komputer mati dan tidak ada tampilan.
- Buka tutup casing lalu nyalakan liat jika kipas pada processor, fan(kalau ada), kipas Power supply tidak muter.        Maka dapat dipastikan 99,99% POWER Supplay’nya mati
- Tapi jika kipas muter tetap ga ada tampilan, cabut Ram dari MainBoard( tentunya sebelumnya matikan PC terlebih dahulu) jika tidak terdapat bunyi beep dan masih tetap gak ada tampilan, maka 80% bisa dibilang MotherBoard’nya mati atau error nah yang 20% bisa Processor ‘nya yg mati, tapi sangat jarang processor mati lebih dulu dari pada motherboard’nya.

2. Jika Komputer restart dan ada bunyi Beep.
- Jika computer restart coba anda pencet F8 pilih safe mode jika dalam proses safe mode tersebut lancar maka tidak ada masalah dengan hardwarenya, kemungkinan ada di softwarenya. Mungkin Kena virus atau kalau tidak Operating Systemnya filenya ada yang corrupt. Kalau itu tinggal Repair atau install ulang aja dijamin Berez.
- Jika muncul bunyi beep( thit..thit) ada 3 kemungkinan.
a. Jika bunyi beep’nya panjang bisa dipastikan Ram’nya mati atau error. Ganti Ram’nya maka permasalahan tersebut selesai.
b. Jika bunyi beep’nya pendek dan beep’nya panjang Kesalahan pada sistem video.BIOS tidak dapat menulis video untuk menampilkan pesan error kelayar.Ada beberapa kemungkinan.Anda memasang VGA Card yang sudah ada VGA onboard.Atau VGA saling berebut IRQ dengan perangkat lainnya.Mungkin juga pemasangan VGA cardnya kurang benar.
c. Jika tetap masih ada bunyi beep berarti ada kerusakan pada montherboardnya yaitu pada vga on boardnya(jika Cuma pakai on-board saja).

Nah, inilah sedikit tips kecil untuk anda yang sayang akan uang anda. Dan anda Tidak perlu merogoh kocek kalau hanya untuk mengetahui kerusakan yang ada pada Pc kesayangan anda.

Koleksi Produk Lainnya :

+ comments + 23 comments

April 7, 2010 at 6:09 AM

Jadi tau aQ skg.... :) thanx oM

April 7, 2010 at 7:16 AM

saya baru tahu nech ada cara seperti ini .... coz saya tidak seberapa suka utak atik komputer. main ke blog aku juga yach... dan mohon dukungan dan komentarnya di http://senyawa-kimia.blogspot.com/2010/04/study-in-holland.html dan http://senyawa-kimia.blogspot.com/2010/04/belanda-sumber-seni-yang-tak-pernah.html untuk kontes blog

April 7, 2010 at 8:06 AM

wah jadi inget lagi mas, kemarin2 banyak yang lupa hal ini. thanks artikelnya sobat

April 7, 2010 at 9:08 PM

Wah Tx sob untuk infonya...
Keep Blogging yaw!

April 7, 2010 at 9:14 PM

wah klo q paling sering system-nya yg rsk.. install ulang truzz.. hehehe ^_^ makasih tips-nya

April 7, 2010 at 9:33 PM

kalo yg muncul blue screen trus banyak tulisan gak jelas itu karena apa sob? biasanya gak bs direstart kecuali tekan lama powernya

April 7, 2010 at 9:35 PM

Kira2 apanya yang rusak kalo tiba2 muncul blue screen dan tulisan gak jelas. gak bisa dimatiin kecuali tekan lama powernya. Apanya ya sob?

April 7, 2010 at 9:44 PM

mantab sob

April 7, 2010 at 9:50 PM

teknisi komputer ya sob

April 8, 2010 at 7:47 AM

nah ini informasi buat ngedetek kerusakan awal PC. terima kasih tambahannya sob...

April 8, 2010 at 12:18 PM

saya cuma punya leptop... :)

April 8, 2010 at 3:04 PM

Wah.. ternyata begitu ya sob caranya.

April 13, 2010 at 5:29 PM

kalo muncul bluescreen dgn pesan ISQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

gumana mengatasinya?

tolong bantu ya sob...

April 15, 2010 at 7:53 PM

wah, komputer ane biasanya ngrestart sendiri tuh apanya ya yg rusak??

April 15, 2010 at 8:02 PM

Thnx tips nya,maklum komputerku ini komputer SURAM

April 19, 2010 at 2:07 PM

Info yang bagus agar kita bisa lebih mandiri menangani komputer kita. bermanfaat.

Salam ukhuwah

July 1, 2010 at 1:56 PM

Info bermanfaat...
bisakah saya tanya sedikit tentang motherboard yang tidak bisa menampilkan informasi ke monitor?
Awalnya ketika komputer di ON-kan, PSU hidup normal, tetapi saat akan menampilkan sesuatu di layar monitor, PSU langsung down dan mati.
Ketika di ON-kan kembali, proses kejadiannya sama.
PSU telah saya coba dengan berbagai macam type, Prosesor dan memory telah saya coba dengan yang lain juga, tetapi tidak menyelesaikan masalah.

Kalau sudah pernah dapat masalah seperti ini mohon di reply ke rimlis2[at]gmail.com

December 10, 2013 at 10:14 AM

. artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

December 11, 2013 at 1:11 PM

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

December 19, 2013 at 9:52 AM


infonya sangat menarik nih gan....

December 19, 2013 at 9:52 AM


thanks atas infonya sangta membantuuu

January 21, 2014 at 11:07 AM


sukses terus gan

June 11, 2014 at 10:16 AM

malam

Post a Comment

 
Copyright © 2014